,
(الثّلاثاء)Ats-tsulatsa' 1 Zulkaedah 1438 H

Zumi Zola Zulkifli Nurdin

Zumi Zola terlebih dahulu dikenal sebagai seorang actor yang membintangi sinetron Hantu Jatuh Cinta (2006) memiliki banyak penggemar dikalangan remaja dan orang tua. Dalam catatan perjalanan hidupnya merupakan putra dari Zulkifli Nurdin yang pernah menjabat gubernur Provinsi Jambi periode 1999-2004 dan 2005-2010. Daan dari beliulah Zumi mewarisi darah politiknya sehingga berani turun dalam ajang perpolitikan.

Zumi yang lahir di Jakarta pada 31 Maret 1980 merupakan alumni SMAI Al-Azhar Pondok Labu Jakarta dan kemudian melanjutkan pendidikan di Institut  Pertanian Bogor.  Cowok yang mengaku bercita-cita sebagai aktor sejak kecil ini baru terjun ke dunia seni peran ketika ia duduk di bangku kuliah. Sinetron pertama yang dibintanginya adalah Culunnya Pacarku (2004).

Namun namanya baru populer ketika ia membintangi sinetron  Hantu Jatuh Cinta  (2006) bersama Ersa Mayori. Selain itu, Zumi juga menjadi aktor utama di sinetron  Ku Telah Jatuh Cinta  (2006). Zumi pun pernah muncul sebagai model video klip di single  Matahariku  (2008) milik Agnes Monica. Namun tak lama setelahnya, pria beragama Islam ini seakan hilang dari media pemberitaan karena memilih melanjutkan studi di London, Inggris.

Tak lama setelah kepulangannya dari Inggris, Zumi kembali muncul di film  Kawin Laris  (2009). Hebatnya, di film bergenre komedi ini Zumi tak hanya menjadi pemeran. Dalam proses penggarapannya, pemeran tokoh Radit di sinetron  Ku Tlah Jatuh Cinta  ini terlibat di balik layar sebagai produser. Tak lama setelah  Kawin Laris  dirilis, Zumi kembali beraksi di layar lebar. Dia menjadi salah satu dari kelima pemeran utama di film bergenre fiksi historis Indonesia,  Merah Putih  (2009).
Zumi harus merelakan meninggalkan sementara waktu sebagai Aktor Layar Lebar menjadi Aktor Penentu Kebijakan daerah sejak resmi menjadi Bupati ketika mencalonkan diri sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi pada Pilkada 2011-2016.
Pada Pilkada Serentak 2015, Zumi Zola berpasangan dengan H Fachrori Umar, terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Jambi untuk periode 2016-2020. Pencalonannya didukung oleh beberapa parpol.  Pada tanggal 12 Februari 2016, Zumi Zola resmi dilantik oleh Presiden Jokowi bersama 6 pasang Gubernur terpilih lainnya di Kompleks Istana.

Profil Lainnya

Belum Ada Komentar

Komentar Anda







18 + 5 =